Minggu, 19 Juli 2009

LPDB SOLUSI ALTERNATIF UNTUK AKSES DANA BAGI USAHA MIKRO,KECIL,DAN MENENGAH (UMKM)

Secara umum pendirian Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) yang didirikan tahun 2004 bertujuan untuk mengembangkan dan menyediakan akses pembiayaan bagi Koperasi dan Usaha Mikro,Kecil dan Menengah melalui pola dana bergulir dan juga untuk memperkuat pendanaan lembaga keuangan khususnya koperasi agar dapat memberikan layanan pembiayaan secara mandiri bagi KUMKM yang belum memenuhi kriteria kelayakan perbankan umum.
Dasar hukum pendiriannya adalah :

  1. Terbitnya Undang-Undang Keuangan Negara Nomor 17 tahun 2003 yang didalamnya terdapat perubahan mendasar dalam ketentuan pengelolaan keuangan negara.
  2. Undang-Undang Perbendaharaan Negara Nomor 1 tahun 2004 pasal 68 & 69,tentang mengatur perlunya peran Badan Layanan Umum,yang dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
  3. Surat Keputusan Bersama Menteri Keuangan RI dan Menteri Negara Koperasi & UKM Nomor 468a/KMK.01/2004 dan Nomor 07/SKB/M.KUKM/X/2004 tentang Pendirian Badan Layanan Dana Bergulir (BLDB) Kementerian Negara Koperasi & UKM.
  4. Perpu Nomor 23 tahun 2005 tentang Pola Pengelolaan Badan Layanan Umum (PPK-BLU).
Kehadiran Lembaga ini sangat diharapkan mampu mengelola dana bergulir bagi kepentingan Koperasi & UMKM agar lebih profesional sehingga kegiatan usaha KUMKM lebih berkembang dan memiliki peran besar dalam perekonomian Indonesia.
Dan bila program ini lancar,lembaga yang lengkapnya bernama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan UMKM (LPDB-UMKM) yang bertugas memodali sektor Koperasi dan UMKM akan berkembang merata di seluruh propinsi dalam periode 2-3 tahun mendatang.

Bagi Industri Kreatif yang di dominasi pengusaha di sektor UKM, baik itu Industri Kerajinan,permainan Interaktif,fesyen,musik,film,layanan komputer,piranti lunak dan arsitektur juga patut bersyukur,sebab selain bisa akses dari LPDB-UKM ini juga pemerintah tengah merancang skema pembiayaan khusus bagi pelaku Industri Kreatif mengingat cukup strategisnya industri ini ke depan. Skema ini bakal di implementasikan paling lambat tahun 2010 mendatang.
Dalam 4 tahun terakhir kontribusi industri kreatif terhadap produk domestik bruto tetap konsisten di angka 6,3 %, industri ini termasuk padat karya dan menyerap 7,4 juta tenaga kerja di sektor besar & UKM.
Dari jumlah total 40 juta pengusaha UKM,baru 1 juta yang dapat menikmati Kredit Usaha Rakyat (KUR).
Rumitnya prosedur Bank Konvensional serta masih tinggi nya bunga KUR yang mencapai 14%-16% ditengah suku bunga yang terus menurun dibawah 7 % menjadi tantangan lain yang juga harus dibenahi pemerintah.
Data terakhir potensi anggaran LPDB-UKM sebesar Rp.883 miliar yang bakal masuk,uang tunai per juli 2009 yang ada di rekening LPDB baru Rp.135 miliar.
Yang sudah berhasil disalurkan per juni 2009,melalui modal ventura Rp.42 miliar,Koperasi Rp12,5 miliar,Koperasi Syari'ah Rp.12,2 miliar dan Perbankan Rp.55 miliar,dengan total keseluruhan Rp.118 miliar.Dari jumlah itu tercatat sebanyak 30 % sektor usaha bisa menikmati dana itu.
Koperasi Primer yang bisa akses dana tersebut 52 Koperasi dan 34 Koperasi Syari'ah,selain itu ada 183 Koperasi lain yang bisa mengakses dana LPDB yang bermitra dengan Bank,demikian data yang dirilis oleh Deputi Bisnis LPDB Mujiono.
Dan perlu diketahui bahwasanya pada tahun ini dari Rp. 883 miliar dana yang dikelola LPDB, 40 % akan disalurkan secara langsung ke KoperasiPrimer dan untuk tahun depan akan ditingkatkan menjadi 60 % yang akan disalurkan langsung..,(doc/tenggo1)


INFO PRODUK
  1. Briket Arang
  • Kadar air <15>
  • Bara bisa 2 jam
  • Sedikit asap dan bau
  • Dikemas 1 set isi 4 item
  • Ukuran Briket 10 cm x 30 cm
  • Harga Rp.20.000,-/set
  • Delivery Order(DO) minimal 1 ton untuk pasar dalam negeri, 1 kontainer isi 20-40 ton untuk pasar luar negeri
  • Sistem pembayaran DonePaymen(DP) pesanan 60 %, barang dikirim 40 % lunas
  • Proses pengiriman: 25 hari pasar export,10 hari pasar domestik terhitung dari DP masuk rekening yang ditunjuk
  • Ongkos kirim ditanggung pembeli
  • Kontak Order : TenggoSan@gmail.com


  1. Stick Drum Kayu Sonokeling
  • Merek : Djogja City R & Legian Town R
  • Harga/set : Rp. 25.000,- utk warna full hitam,Rp.15,000,-utk warna putih/hitam
  • Order minimal 25 set utk domestik,1000 set utk pasar luar negeri
  • Ongkos kirim ditanggung pembeli
  • Sistem pembayaran: DP pesanan 60 %, barang dikirim 40 % lunas
  • Proses pengiriman : 25 hari utk pasar luar negeri,dan 7 hari utk pasar domestik
  • Kontak Order : TenggoSan@gmail.com

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Hot Car Pictures. Powered by Blogger